Senin, 26 November 2012

[budaya_tionghua] Film : Chinese Zodiac - Film Laga Terakhir Jackie Chan ?

 

   Film : Chinese Zodiac - Film Laga Terakhir Jackie Chan ?

3

Budaya-Tionghoa.Net| Setelah masa pemerintahan Kangxi , Yongzheng dan Qianlong , Tiongkok-Qing mulai memasuki masa suram dan kemakmurannya mulai diincar kekuatan-kekuatan asing yang mulai percaya diri untuk menghadapi Tiongkok dengan kekerasan. Inggris mencecoki rakyat Tiongkok dengan candu membuat semakin merosotnya wibawa pemerintah Qing dan dekadensi moral di kalangan rakyat . Muncul gejolak pemberontakan seiring dengan meletusnya perang antara Tiongkok dengan Barat dimana Tiongkok selalu kalah dan kalah , menjadi bangsa pariah dan harta kekayaan negara di jarah oleh asing. Inilah yang menjadi latar belakang dari film Jackie Chan terbaru tahun 2012, "Chinese Zodiac"

ARTIKEL TERKAIT :

Pembuatan film Chinese Zodiac mencakup pengambilan adegan di delapan negara dengan budget 300 juta yuan atau setara 60 juta USD yang akan dirilis bulan Desember tahun ini. Jackie Chan berperan sebagai pemburu harta karun yang bertualang diseluruh dunia untuk mengembalikan harta kekayaan Tiongkok yang telah dijarah dalam sejarah kelam masa lampau.  Jackie juga akan didukung oleh sejumlah artis seperti bintang Korea Selatan , Kwon Sang Woo dan sejumlah bintang lainnya seperti Laura Weissbecker, Yao Xing Tong, Liao Fan, Zhang Lan Xin, and Steve Yoo Seung Jun.

After my appointment as the relic recovery ambassador i was certain that i had to make this film. I wish all of the national treasures would be returned to their own nations 

(Jackie Chan)

 

Jackie belakangan ini mulai menunjukkan kemampuan aktingnya selain kemampuannya sebagai aktor laga. Dalam film "1911" yang bersejarah bagi Jackie sebagai film ke-100 dalam karirnya -- terlihat bahwa Jackie juga hendak menunjukkan sebagai aktor yang baik . Tetapi stigma aktor laga yang sedemikian kuat membuat orang selalu menunggu dan melihat Jacky memamerkan kemampuan seni bela dirinya yang unik , jenaka dan menghibur.

 

Tetapi pernahkah kita bayangkan orang seumuran Jackie yang kalau dinegara kita sudah sepantaran dengan usia engkong-engkong yang biasanya sudah tidak gesit lagi karena menua dan terlalu banyak lemak. Bayangkan pula engkong-engkong seumuran Jackie melakukan adegan berbahaya sendiri tanpa ketergantungan akut terhadap stuntman. Betapapun , Jackie sudah menyadari usianya yang sudah mendekati 60 tahun , Jackie tampaknya akan menjadikan "Chinese Zodiac" ini sebagai film bersejarah yang lain dalam karirnya, sebagai film laga terakhir yang dibintanginya dan tentunya sangat berharga untuk kita tunggu dan saksikan sekaligus menghormati dedikasi Jackie Chan selama sekian dekade. 

Selepas film "Chinese Zodiac" Jackie akan tetap berkiprah didunia film sambil berharap lebih banyak sutradara yang akan menariknya dalam film-film musikal dimana Jackie juga punya kemampuan vokal yang cukup baik. Jika tidakpun Jackie berharap agar bisa bermain dalam film-film sci-fi atau roman. Jackie menampik rumor yang mengatakan dirinya akan pensiun dari dunia perfilman . Jackie hanya mengurangi intensitasnya sebagai aktor laga utama .

Dalam trailer "Chinese Zodiac" terlihat sebuah demonstrasi di Paris yang menuntut agar relik-relik kultural dikembalikan ke negara asalnya.  Kemudian terlihat pula adegan yang menggambarkan masa lampau ketika tentara-tentara Perancis merayakan kemenangan dengan berfoto bersama dengan barang jarahannya. Memang dalam sejarahnya ketika itu Perancis bersama Inggris memenangkan Perang Candu 2 dan salah satu tragedi yang terjadi adalah perusakan dan penjarahan besar-besaran Istana Musim Panas . (Gambar 2)

 

 

Jackie punya ambisi kultural walau dalam ranah fiksi untuk mengembalikan harta kekayaan Tiongkok yang telah dicuri di abad 19. Jackie berpandangan bahwa relik kultural tidak seharusnya dicuri dan dijarah untuk nafsu dan ketamakan. Dalam "Chinese Zodiac" Jackie ingin memberi pesan agar orang-orang yang telah mencuri warisan budaya agar mengembalikan kepada pemilik yang sah dalam kehidupan nyata. Harta yang dicuri menggambarkan siklus 12 tahun dalam kalendar Tionghoa. Lima dari relik orisinil telah dikembalikan dan Jackie mendesak agar sisa relik lainnya dikembalikan ke Istana Musim Panas.  "Chinese Zodiac" ini juga merupakan tanggung-jawab moralnya sebagai  "Old Summer Palace Relic Recovery Image Ambassador".

Trailer :


Bagaimana cara Jackie mengembalikan harta kekayaan Tiongkok ? Semangat kultural Jackie dan juga sisi historis dalam karir Jackie Chan membuat film "Chinese Zodiac" membuat film ini lebih bermakna dari James Bond manapun dan patut ditunggu dan disaksikan bersama.

Bentara

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar