Minggu, 21 April 2013

Bls: [budaya_tionghua] Re: Sayang Sekali

 

Saat bertemu Tan Swie Ling, orang terakhir di lingkaran dalam PKI yang masih hidup, G30S PKI harus dilihat dalam konteks global. Itu kan proxy war. Sebagai rejim baru, Orde Baru butuh kekuatan luar yang menjadi sasaran fitnah. Fitnah yang didengungkan berkali-kali akan menjadi kebenaran.

Berandai-andai jangan dilarang. Kawan saya berandai-andai tentang kemungkinan perang AS-Cina. Lalu saya bilang, kedua negara justru sedang bertempur; namanya perang dagang AS-Cina. Bagaimana dengan Indonesia? Bagi saya, siapa pun yang menang akan membuat Indonesia dalam posisi sulit, atau setidaknya bangkrut.



Dari: Chan CT <SADAR@netvigator.com>
Kepada: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 21 April 2013 7:46
Judul: Re: [budaya_tionghua] Re: Sayang Sekali

 
Baguuus! Sebagai seorang warga yang baik dan seetia pada negara dan bangsa, bukan NURUT pada seluruh kebijakan PMERINTAH berkuasa tanpa ada sikap sendiri yang tegas dan jelas membela kebenaran dan keadilan. Baiklah kalau mau mencoba bagaimana seharusnya kita bersdikap membela RRT atau RI ditahun-tahun 60-an? Bagaimana dalam menghadapi situasi paska G30S, membela RRT dianggap komunis bisa dibantai, dipenjarakan atau bahkan di-"HILANGKAN" begitu saja? Bagaimana sebagai warga yang baik bersikap? Jadi tidak usah berandai-andai, ... Tentu setiap orang boleh saja bebas menentukan sikap politiknya sendiri dimana dia berdiri, yang penting TIDAK membabi-buta.
 
Pada saat tahun 50an-65, sebelum G30S hubungan persahabatan RI-RRT termasuk yang paling baik dalam sejarah perjuangan rakyat Indonesia. Katakanlah yang ketika itu dikatakan berada dalam satu kubu negara sedang berkembang, The New Emerging Forces, kata bung Karno. Dalam suasana begitu tentu tidak ada masalah kita harus memilih membela atau menentang salah satu, RI atau RRT, karena berada dalam satu front. Tapi, begitu jenderal Soeharto berhasil menggulingkan kekuasaan bung Karno, sikap politik RI berbalik haluan, menjadi gamblok pada AS dan anti Tiongkok. Dengan menuduh RRT mendukung dan berada dibalik G30S, berusaha keras merusak hubungan persahabatan RI-RRT yang sangat akrab itu, ... dimulai dengan mengganti sebutan "Tiongkok-Tionghoa" menjadi "CINA" untuk menghina Tiongkok dan melecehkan Tionghoa di Indonesia! Kemudian aksi ditingkatkan dengan menggerakkan demo-demo mengobrak-abrik Kedutaan Besar RRT, ... yang akhirnya tidak terhindarkan hubungan diplomatik kedua negara dibekukan ditahun 1967.
 
Menurut pendapat saya, sebagai seorang warga baik yang membela KEBENARAN dan KEADILAN, seharusnya membela RRT dan menentang RI. Tuduhan RI, RRT mendukung dan berada dibalik G30S, hanyalah fitnah belaka yang tidak berdasar! Bantuan senjata yang diberikan RRT ketika itu, sepenuhnya menuruti perjanjian resmi dengan Pemeerintah RI, dalam rangka mendukung politik bung Karno "Ganyang Malaysia". Tidak ada urusan dengan G30S ataupun Angkatan ke-5 yang diuar-uarkan, ...
 
Tentu, manusia hidup bukan untuk dipenjarakan apalagi dibantai, ... pada saat jenderal Soeharto jalankan tangan-besi yang berdarah dingin dan sangat TIDAK berprikemanusiaan begitu, dengan sendirinya harus lebih pandai-pandai membawakan diri. Tidak melakukan perlawanan secara frontal dan terbuka, apalagi hanya menyerahkan diri untuk dipenjarakan dan dibantai begitu saja seperti PKI ketika itu. Lakukanlah perlawanan itu dengan membenamkan diri ditengah-tengah rakyat, gunakan segala kegiatan yang masih ada kemungkinan dijalankan saja. Yang PASTI, sebagai warga baik-baik TIDAK melibatkan diri apalagi aktif mengikuti DEMO menyerang dan mengobrak-abrik Kedutaan Besar RRT, misalnya. Kenapa harus begitu mengikuti ke-brutalan yang sangat memalukan bangsa Indonesia?
 
Bukankah begitu baiknya?
 
Salam,
ChanCT
 
 
 
-----原始郵件-----
From: huarenau
Sent: Sunday, April 21, 2013 7:41 AM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Sayang Sekali
 
 
Marilah kita jangan hanya ber andai2 jika USA vs China, realitas saja!!
Gimana kalau China vs Indonesia spt yg terjadi di tahun2 60an, dimana kita akan berdiri, apakah membela Indonesia atau china?
Di thn 65 sudah tampak kalau yg membela china(PKI) di bantai...... yg membela Indonesia(SP 11 Maret) dimusuhi oleh yg di bantai :)
 
Gimana jika sikon nya spt sekarang?
 
rgds. rc
 
 
 
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, peter liem <ppliem@...> wrote:
>
> Bung Chan yang budiman:
> Saya sadar bahwa USA dapat melakukan tindakan yang yang sewenang wenang dan anti Hukum Alam yang universal dan Kebenaran sera Keadilan. Bila demikian sebagai warga negara AS saya akan bekerja keras untk menentang aksi pemerintah AS, tetap saya tidak nanti membela sang korban agresi melawan agresi AS. Saya tidak setuju Afghanistan atau Iraq diserang oleh AS tetapi itu tidak berarti saya akan sabotage usaha AS. Saya aktif menentang politik yang keblinger dan memperjoangkan politik yang benar & mulia tanpa menyerang kepentingan AS. Saya berusaha menjadi patriot, bukan membela politikAS secara membabi buta. Bung Chan kau tidak akan melawan Tiongkok atau Indonesia bila negara tsb tidak adil bukan?
 
 
 
 
------------------------------------
 
.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.
 
.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.
 
.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.
 
.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.
 
Yahoo! Groups Links
 
<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/
 
<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional
 
<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/join
    (Yahoo! ID required)
 
<*> To change settings via email:
    budaya_tionghua-digest@yahoogroups.com
    budaya_tionghua-fullfeatured@yahoogroups.com
 
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    budaya_tionghua-unsubscribe@yahoogroups.com
 
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (54)
Recent Activity:
.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

MARKETPLACE


.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar