Senin, 22 April 2013

[kunci-l] UNDANGAN | Rabbit Hole Theory, Rabu, 24 April 2013, jam 15.00 WIB di Kunci

 

Rabbit Hole Theory untuk Bab 2 dari buku Artificial Hells, 
Rabu, 24 November 2014, jam 15.00 WIB di KUNCI. 

Rabbit Hole Theory adalah kelompok diskusi yang bertemu setiap dua minggu sekali untuk membahas setiap bab dalam satu buku, secara mendalam. Dalam Rabbit Hole Theory kali ini, sepuluh orang dari berbagai latar belakang (seni rupa, seni pertunjukkan, hingga arsitektur) membahas buku Artificial Hells milik Claire Bishop. Bagi yang tertarik untuk hadir dalam diskusi ini atau ingin mendapatkan versi pdf buku Artificial Hells, dapat mengirimkan e-mail ke editor@kunci.or.id. Diskusi ini akan disiarkan secara langsung melalui Radio Kunci (http://radiokunci.listen2myradio.com/) dan pertanyaan dapat diajukan melalui Twitter ke akun @editorkunci.

Informasi mengenai buku Artificial Hells 

Kolaborasi telah diterima sebagai bentuk sikap politis yang diambil oleh seni. Dengan mengaktifkan posisi audiens, atau bekerja sama dengan anak-anak, remaja, kelompok minoritas, dan bagian masyarakat lainnya, seniman dapat mempromosikan relasi sosial baru yang emansipatif. Dalam artikelnya di Artforum, The Social Turn: Collaboration and Its Discontents (2006), Claire Bishop secara kritis melihat tikungan sosial dalam seni kontemporer juga menandai tikungan etika dalam kritik seni. Proyek-proyek seni kolaboratif lebih banyak dibahas dengan nilai-nilai etis, mengenai posisi seniman dan kolaborator (misal perbandingan excecutor/co-creator atau kecenderungan eksotisme atas kelompok marjinal tertentu).

Padahal, menurut Bishop, proyek-proyek ini juga perlu untuk dikritisi secara estetika. Kritik ini perlu dibangun dengan melihat kriteria sosial politik dan estetika secara bersamaan, daripada mencampurkan keduanya dalam etika atau melihatnya sebagai dua hal berlawanan. Argumen inilah yang dielaborasi secara lebih jauh oleh Claire Bishop dalam buku Articial Hells (2012). Dalam buku ini, Bishop menelusuri trajektori seni di abad ke-20 dan memeriksa peristiwa-peristiwa kunci dalam pengembangan estetika partisipatif. Mulai dari Futurisme dan Dada hingga gerakan seni komunitas, Bishop juga mendiskusikan proyek-proyek pendidikan jangka panjang dari seniman kontemporer seperti Thomas Hirschhorn, Tania Bruguera, Pawet Althamer dan Paul Chan.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
To visit KUNCI Cultural Studies Center website, go to:
http://kunci.or.id

MARKETPLACE


.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar