Selasa, 23 April 2013

Re: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa

 

Betul sekali, kalau kita bicara budaya berarti kita akan masuk secara keseluruhan kedalam adat dan tradisi baik itu religiussitas nya ataupun kesehariannya, namun yg perlu kita ingat adalah keberagaman suku Tionghoa, budaya \ tradisi Hakka pasti akan berbeda dengan Hokien dan akan berbeda pula dengan Tiociu dlsb nya, maka disini dibutuhkan pakar\orang orang yg benar benar mengerti akan adat istiadat dari sub etnis tersebut. Saya sendiri juga dari suku Khek\Hakka dan orang tua saya masih asli dari Hepu\Hopo dalam kehidupan keluarga kami termasuk kakek pun sejak semula sudah katolik.

Sent from BlackBerry® on 3

From: psharont@yahoo.com
Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Tue, 23 Apr 2013 13:48:11 +0000
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
ReplyTo: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa

 

Budaya Tionghoa di jaman modern maupun kuno sangatlah berbeda.

Sepanjang saya mengamati pembicaraan di forum BuTiong di sini terkesan bahwa budaya Tionghoa ada di seputar Taoisme, konghucu dan penyembahan leluhur. Tdk salah bahwa budaya Tionghoa banyak dipengaruhi oleh Taoisme dan konghucu.

Saya pribadi adalah tionghoa kristen, di keluarga saya mempraktekkan budaya dan adat-istiadat (fengshu xiguan)tionghoa sedari kecil. Mulai dr bhs yg dipakai, smp dg perayaan/festival yg dirayakan (chunjie, yuanxiao, qingming, zhongqiu, duanwu, dll) sepanjang tdk menyalahi iman kristiani kami msh lakukan. Dlm setiap festival ortu kami selalu menceritakan cerita di balik perayaan festival dan makna di balik itu. Hal ini mungkin sdh jarang dilakukan. Bahkan byk yg merayakan tp tdk tau cerita dibaliknya.

Mjd kristen tdk berarti kita melepaskan budaya Tionghoa. Ut keluarga kami, selama darah tionghoa masih mengalir maka kami msh menjalani budaya tionghoa.
Surprisingly, kami justru menemukan banyak hal menarik di dalam Alkitab yg berhubungan dengan budaya tionghoa. Keagungan karakter mandarin dan filosofi dlm Alkitab yg saling berkaitan.

Jadi saya pikir budaya tionghoa jangan dipersempit hanya pada ritual keagamaan tertentu, tetapi pada budaya-nya sendiri yg begitu kaya dan agung. Itupun sdh tdk habis2nya dibahas.

Sy sadar kalo sdh berhubungan dg keagamaan, hal ini sangatlah sensitif untuk dibicarakan. Tapi baiklah kita sesama tionghoa bersatu dengan memandang kita berakar dari adat dan budaya yg kita sama2 junjung tinggi. Mari kita rayakan bersama keberagaman dan kekayaan budaya kita di jaman modern ini. Sehingga dpt terus dikembangkan dan dipraktekkan shg menjadi ciri khas kepribadian tionghoa yg berbudi luhur tinggi yg membanggakan leluhur dan nenek moyang yg sdh mewariskan bagi kita. Tentu saja demi kemajuan negara di mana kita berpijak, yaitu Indonesia.

Salam hormat,
Sharon Chen


Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: "long.march@rocketmail.com" <long.march@rocketmail.com>
Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Tue, 23 Apr 2013 13:07:10 -0000
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
ReplyTo: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa

 

tulou cukup menarik ; circle and square ;

ini mungkin akan mengingatkan bahwa dulu orang hakka menjaga jarak dan bersiap siaga dari konfluk dengan sub-grup tionghoa yang lain ;

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bong_felix@... wrote:
>
> Selamat malam, betul saya sangat sepakat dengan bung, bahwa budaya itu beragam tapi minimal kita sudah masuk dan berusaha dan kita juga tidak bisa sim sala bim langsung jadi semua. Namun di TBTI saat ini sedang dibangun Tulou rumah tradisional suku Hakka.
> Sent from BlackBerry® on 3
>
> -----Original Message-----
> From: "long.march@..." <long.march@...>
> Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> Date: Tue, 23 Apr 2013 10:20:36
> To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
> Reply-To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa
>
> koh felix ;
>
> wa bisa mencoba memahami apa yang anda maksud ; betul sekali bahwa marga ; panggilan kekerabatan (kinship) ; festival ; dstnya dstnya itu harus di pertahankan ;
>
> nah dipertahankannya bagaimana ? apakah lewat sekolah ? sepertinya tidak ; salah satu yang realistis adalah melalui informasi ; terutama yang berperan besar disini adalah pendidikan keluarga ; jadi disini pengetahuan itu perlu terutama bagi orang tua agar bisa mengenalkan pada anaknya2 dan generasi berikutnya kelak ;
>
> namanya budaya itu luas dan berkembang ; belum lagi sastra ; belum lagi filsafatnya ; belum lagi sejarahnya yang panjang ; semua itu perlu satu akumulasi pengetahuan dengan berkumpulnya dalam satu forum ;
>
> Lestari ? itu kata lestari terlalu "gamang" ; itu bukan pengertian budaya tapi sekedar jargon ; apanya yang dilestarikan ? dari masa mana ? apakah masing2 disini rumahnya berarsitektur tionghoa ? apakah masing2 disini dalam kesehariannya menggunakan busana tionghoa ? apakah masing disini makan masakan tionghoa ?
>
> itu memang ciri satu budaya tapi bukan lapisan terdalam budaya melainkan hanya sekedar kulit ; kek pelem painted skin ;
>
>
>
>
>
>
>
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bong_felix@ wrote:
> >
> > Selamat siang pa...... saya mesti panggil apa nih, budaya merupakan ciri suatu bangsa, kebesaran bangsa tersebut dapat kita ukur dari budaya nya, alangkah tragisnya kalau suatu bangsa tidak memiliki budaya dan alangkah kasihannya kalau orang Tionghoa tidak mengerti budaya Tionghoa nya sendiri. Menurut saya millis ini sudah banyak memberikan sumbangsih akan budaya Tionghoa, jangan sampai ada orang Tionghoa yg tIdak tau marganya apa dan jangan sampai panggilan untuk Akong,Ama,cici,koko, pun tidak dimengerti. Budaya bukan sekedar mengikuti tradisi namun kandungan didalamnya juga setidak tidaknya harus kita mengerti, saya percaya para Locianpwe di millis ini banyak yg pakar dalam hal ini.
> > Wassalam Bong Felix.
> > Sent from BlackBerry® on 3
> >
> > -----Original Message-----
> > From: "long.march@" <long.march@>
> > Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > Date: Tue, 23 Apr 2013 08:16:44
> > To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
> > Reply-To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa
> >
> > budaya itu mahluk apa sampai harus dilestarikan ? ; apa sejenis fosil ?
> > ;
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bong_felix@ wrote:
> > >
> > > Dear pa Agoeng and all, kami bersama sama dengan Pa Tjandra G,Sudarman,Wisnu,Teddy Y,Suyin berangkat dari satu pemahaman yg sama mengenai Budaya Tionghoa, kalau bukan kita lantas siapa lagi yg akan membantu melestarikan Budaya Tionghoa. Kami bukanlah apa apa tanpa dukungan dari anda anda semua khususnya para locianpwe ,suheng,suti dan member budaya Tionghoa ini. Jadi masukan dari rekan rekan sangatlah kami harapkan demi pelestarian Budaya Tionghoa itu sendiri. Namun satu hal yg mesti kita sadari adalah keberagaman budaya dan suku dalam Tionghoa yang akan menjadi tantangan bagi kita semua. Akan tetapi kami yakin : Asam digunung garam dilaut ketemu didalam kuali, begitu pula beraneka ragam budaya Tionghoa dapat kita bawa dan tempatkan di Lestari Budaya Tionghoa.
> > > Wassalam Bong Felix.
> > > Sent from BlackBerry® on 3
> > >
> >
>

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (131)
Recent Activity:
.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

MARKETPLACE


.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar