Selasa, 23 April 2013

Re: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa

 

Okay thanks.. :)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: "Ardian" <ardian_c@yahoo.co.id>
Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Tue, 23 Apr 2013 16:43:13 -0000
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
ReplyTo: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa

 

Nih sih lagu lama dan sala satu pelopornya itu ethel nelson dan c.h kang wktu taon 70an. satu contoh itu kata wo secara etimologis itu adalah dua ge bukan shou dgn ge. tulisan zhongwen jg itu ada yg ideograph jg. udahlah jgn gatuk2an aksara coz masalah ini pernah dibahas mendalam dan ternyata itu gathuk2an alias cocoklogi sampe ada member senior disini yg beragama kristen bikin gathuk2an soal ying dan adam dan hawa tp buat lucu2an, ada yg bikin gathuk2an kata yao pendek umur dihubungkan dgn yesus yg mau setara dgn langit ( Tuhan ) makanya kena kutuk jd mati muda. plz dah jgn bikin aji pengawuran en yg membantah itu bukan asal bantah en mrk para senior member milist ini yg beragam kepercayaan jd bukan buat menyudutkan kepercayaan anda tp mrk gerah atas pemelintiran ini.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, psharont@... wrote:
>
> Halo Grey..
>
> Wlp kt tdk sependapat, tdk perlu mengutarakan sesuatu dg nada melecehkan. Sy rasa itu jauh lbh sopan.
>
> Sy hargai pendapat Grey..
> Okey, wlp berbeda keyakinan boleh jg kita berbagi wawasan. Berhubung ini forum diskusi, bolehlah kiranya sy membagikan pengetahuan sy yg terbatas ini.
>
> Sebelumnya sy minta maaf krn bb-ku ga bs tulis hanzi. Jadi saya akan coba gambarkan dg kata2.
> Contoh:
> - karakter "chuan2" = kapal
> Karakter "chuan2" terdiri dari pinggiran kiri "zhou1"=perahu, sblh kanan ada tulisan "ba1"=delapan, bawahnya ada "kou3"=mulut/manusia.
> Hal ini sgt berkaitan erat dg peristiwa nabi Nuh, dimana yg selamat adl 8org di dalam bahtera/kapal.
>
> - karakter "fu2" = berkat
> Terdiri dari pinggiran "shi4"= melambangkan Tuhan, di sblh kanan ada "yi1"=satu, "kou3"=mulut, "tian2"=sawah. Dimana dpt dijelaskan segala berkat berasal dr Tuhan dan dihasilkan dimana seseorang bekerja di ladangnya.
>
> - karakter "yi4" = kebaikan
> Karakter tradisional terdiri dari 2 karakter atas-bawah: atas "yang2"=domba, bawah "wo3"=saya. Yesus sering disebut domba Allah. Apabila sy menempatkan Yesus di atasku, baru kudapatkan kebaikan.
>
> -dll..
> Terus terang saya surprised sewaktu mempelajari hal tsb.
>
> Selengkapnya bs dilihat di:
> http://www.sabdaspace.org/firman_allah_dalam_huruf_mandarin_0
>
> Atau buku: The Discovery of Genesis, How The Truths of Genesis Were Found Hidden in The Chinese Language, ditulis oleh CH Kang dan Ethel R Nelson.
>
> Tdk dpt dipungkiri, China kuno dipengaruhi oleh penyebaran agama nasrani/yudais jg. Wlp akhirnya tdk berkembang. Dan yg lbh byk berkembang adl buddhist ataupun konghucu.
>
> Kalo kt lihat di Beijing "tian1tan2", tempat sembahyang huangdi. Setahun sekali huangdi mpsembahkan hasil panen+ternak dalam bentuk korban bakaran pada tahun baru imlek. Obyek penyembahannya bukan dewa-dewi tetapi "tian1"=Sang langit/Allah.
> Sama dg cara tokoh2 kuno di alkitab memberikan persembahan syukur.
> Ini salah satu bukti, agama kuno memang saling berhubungan dan bersingungan timeline-nya.
>
> Saya di sini tdk bermaksud debat kusir. Diterima atau tidak sy tdk mpmasalahkan, hy membuka wawasan.
> Bgmnpun juga suka tdk suka, ternyata karakter mandarin bersinggungan jg dg alkitab. Mau dibilang menghubung2kan ataupun konspirasi kembali lg kepada logika dan keyakinan anda.
>
> Terima kasih.. Selamat malam!
>
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> -----Original Message-----
> From: "greysiagreysia" <greysiagreysia@...>
> Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> Date: Tue, 23 Apr 2013 15:41:38
> To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
> Reply-To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa
>
>
> wkakakakakaakkk... teori konspirasi lagi neh... hahaha.. percuma bu chendra kalo ditanyain, pasti jawabnya karena menurut alkitab, Tuhan menciptakan seluruh isi bumi termasuk orang tionghoa, jadinya sangat pasti kalo DIa juga yang menciptakan huruf dan bahasa dan karakter mandarin, walaupun logika dan sejarahnya gak nyambung antara penulisan alkitab di timur tengah dengan penciptaan karakter mandarin di tiongkok. atau dari timeline nya yang berbeda jauh. semua pekerjaan Tuhan, bukankah begitu bu Sharon?
>
> kalo dah bawa2 nama Tuhan mah, jangan diterusin dah. bisa2 apa yang diinginkan pak Ghozalli agar milis ini rame kembali, langsung terwujud hari ini, dalam bentuk perang keyakinan, sensi, tersinggung.
>
> maaf ya bu SHaron, saya tidak bermaksud menyinggung Tuhan yang anda yakini. tapi saya sangat tidak meyakini orang (entah pendeta atau pastor - yang pasti manusia) yang berusaha menghubungkan antara alkitab dengan hanzi. menurut saya itu cuma dongengan manusia.
>
> grey
>
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Diah" <ch3ndra@> wrote:
> >
> > Salam kenal Sdri Sharon Chen,
> >
> > Senang sekali berkenalan dengan anda yang walaupun Kristen masih
> > menjalankan budaya leluhur, serta memahami makna-makna festival dari
> > chunjie, yanxiao, qingming, duanwu, dll.
> > Namun saya kaget jika anda mengatakan huruf-huruf Tionghoa dengan
> > filosofi dalam alkitab berhubungan. Bukankah dengan menghubungkan
> > sesuatu yang sebetulnya jelas tidak berhubungan seperti itu anda justru
> > mengaburkan etimologi dari pembentukan karakter hanzi sendiri yang
> > sebenarnya proses penciptaannya sangat unik dibandingkan penciptaan
> > huruf-huruf lainnya?
> >
> > Salam,
> > Chendra
> >
> >
> >
> > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, psharont@ wrote:
> > >
> > > Budaya Tionghoa di jaman modern maupun kuno sangatlah berbeda.
> > >
> > > Sepanjang saya mengamati pembicaraan di forum BuTiong di sini terkesan
> > bahwa budaya Tionghoa ada di seputar Taoisme, konghucu dan penyembahan
> > leluhur. Tdk salah bahwa budaya Tionghoa banyak dipengaruhi oleh Taoisme
> > dan konghucu.
> > >
> > > Saya pribadi adalah tionghoa kristen, di keluarga saya mempraktekkan
> > budaya dan adat-istiadat (fengshu xiguan)tionghoa sedari kecil. Mulai dr
> > bhs yg dipakai, smp dg perayaan/festival yg dirayakan (chunjie,
> > yuanxiao, qingming, zhongqiu, duanwu, dll) sepanjang tdk menyalahi iman
> > kristiani kami msh lakukan. Dlm setiap festival ortu kami selalu
> > menceritakan cerita di balik perayaan festival dan makna di balik itu.
> > Hal ini mungkin sdh jarang dilakukan. Bahkan byk yg merayakan tp tdk tau
> > cerita dibaliknya.
> > >
> > > Mjd kristen tdk berarti kita melepaskan budaya Tionghoa. Ut keluarga
> > kami, selama darah tionghoa masih mengalir maka kami msh menjalani
> > budaya tionghoa.
> > > Surprisingly, kami justru menemukan banyak hal menarik di dalam
> > Alkitab yg berhubungan dengan budaya tionghoa. Keagungan karakter
> > mandarin dan filosofi dlm Alkitab yg saling berkaitan.
> > >
> > > Jadi saya pikir budaya tionghoa jangan dipersempit hanya pada ritual
> > keagamaan tertentu, tetapi pada budaya-nya sendiri yg begitu kaya dan
> > agung. Itupun sdh tdk habis2nya dibahas.
> > >
> > > Sy sadar kalo sdh berhubungan dg keagamaan, hal ini sangatlah sensitif
> > untuk dibicarakan. Tapi baiklah kita sesama tionghoa bersatu dengan
> > memandang kita berakar dari adat dan budaya yg kita sama2 junjung
> > tinggi. Mari kita rayakan bersama keberagaman dan kekayaan budaya kita
> > di jaman modern ini. Sehingga dpt terus dikembangkan dan dipraktekkan
> > shg menjadi ciri khas kepribadian tionghoa yg berbudi luhur tinggi yg
> > membanggakan leluhur dan nenek moyang yg sdh mewariskan bagi kita. Tentu
> > saja demi kemajuan negara di mana kita berpijak, yaitu Indonesia.
> > >
> > > Salam hormat,
> > > Sharon Chen
> > >
> > >
> > >
> > > Powered by Telkomsel BlackBerry®
> > >
> > > -----Original Message-----
> > > From: "long.march@" long.march@
> > > Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > Date: Tue, 23 Apr 2013 13:07:10
> > > To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > Reply-To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa
> > >
> > > tulou cukup menarik ; circle and square ;
> > >
> > > ini mungkin akan mengingatkan bahwa dulu orang hakka menjaga jarak
> > dan bersiap siaga dari konfluk dengan sub-grup tionghoa yang lain ;
> > >
> > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bong_felix@ wrote:
> > > >
> > > > Selamat malam, betul saya sangat sepakat dengan bung, bahwa budaya
> > itu beragam tapi minimal kita sudah masuk dan berusaha dan kita juga
> > tidak bisa sim sala bim langsung jadi semua. Namun di TBTI saat ini
> > sedang dibangun Tulou rumah tradisional suku Hakka.
> > > > Sent from BlackBerry® on 3
> > > >
> > > > -----Original Message-----
> > > > From: "long.march@" long.march@
> > > > Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > > Date: Tue, 23 Apr 2013 10:20:36
> > > > To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > > Reply-To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > > Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa
> > > >
> > > > koh felix ;
> > > >
> > > > wa bisa mencoba memahami apa yang anda maksud ; betul sekali bahwa
> > marga ; panggilan kekerabatan (kinship) ; festival ; dstnya dstnya itu
> > harus di pertahankan ;
> > > >
> > > > nah dipertahankannya bagaimana ? apakah lewat sekolah ? sepertinya
> > tidak ; salah satu yang realistis adalah melalui informasi ; terutama
> > yang berperan besar disini adalah pendidikan keluarga ; jadi disini
> > pengetahuan itu perlu terutama bagi orang tua agar bisa mengenalkan pada
> > anaknya2 dan generasi berikutnya kelak ;
> > > >
> > > > namanya budaya itu luas dan berkembang ; belum lagi sastra ; belum
> > lagi filsafatnya ; belum lagi sejarahnya yang panjang ; semua itu perlu
> > satu akumulasi pengetahuan dengan berkumpulnya dalam satu forum ;
> > > >
> > > > Lestari ? itu kata lestari terlalu "gamang" ; itu bukan pengertian
> > budaya tapi sekedar jargon ; apanya yang dilestarikan ? dari masa mana ?
> > apakah masing2 disini rumahnya berarsitektur tionghoa ? apakah masing2
> > disini dalam kesehariannya menggunakan busana tionghoa ? apakah masing
> > disini makan masakan tionghoa ?
> > > >
> > > > itu memang ciri satu budaya tapi bukan lapisan terdalam budaya
> > melainkan hanya sekedar kulit ; kek pelem painted skin ;
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bong_felix@ wrote:
> > > > >
> > > > > Selamat siang pa...... saya mesti panggil apa nih, budaya
> > merupakan ciri suatu bangsa, kebesaran bangsa tersebut dapat kita ukur
> > dari budaya nya, alangkah tragisnya kalau suatu bangsa tidak memiliki
> > budaya dan alangkah kasihannya kalau orang Tionghoa tidak mengerti
> > budaya Tionghoa nya sendiri. Menurut saya millis ini sudah banyak
> > memberikan sumbangsih akan budaya Tionghoa, jangan sampai ada orang
> > Tionghoa yg tIdak tau marganya apa dan jangan sampai panggilan untuk
> > Akong,Ama,cici,koko, pun tidak dimengerti. Budaya bukan sekedar
> > mengikuti tradisi namun kandungan didalamnya juga setidak tidaknya harus
> > kita mengerti, saya percaya para Locianpwe di millis ini banyak yg pakar
> > dalam hal ini.
> > > > > Wassalam Bong Felix.
> > > > > Sent from BlackBerry® on 3
> > > > >
> > > > > -----Original Message-----
> > > > > From: "long.march@"
> > > > > Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > > > Date: Tue, 23 Apr 2013 08:16:44
> > > > > To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > > > Reply-To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> > > > > Subject: [budaya_tionghua] Re: Lestari Budaya Tionghoa
> > > > >
> > > > > budaya itu mahluk apa sampai harus dilestarikan ? ; apa sejenis
> > fosil ?
> > > > > ;
> > > > > --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bong_felix@ wrote:
> > > > > >
> > > > > > Dear pa Agoeng and all, kami bersama sama dengan Pa Tjandra
> > G,Sudarman,Wisnu,Teddy Y,Suyin berangkat dari satu pemahaman yg sama
> > mengenai Budaya Tionghoa, kalau bukan kita lantas siapa lagi yg akan
> > membantu melestarikan Budaya Tionghoa. Kami bukanlah apa apa tanpa
> > dukungan dari anda anda semua khususnya para locianpwe ,suheng,suti dan
> > member budaya Tionghoa ini. Jadi masukan dari rekan rekan sangatlah kami
> > harapkan demi pelestarian Budaya Tionghoa itu sendiri. Namun satu hal yg
> > mesti kita sadari adalah keberagaman budaya dan suku dalam Tionghoa yang
> > akan menjadi tantangan bagi kita semua. Akan tetapi kami yakin : Asam
> > digunung garam dilaut ketemu didalam kuali, begitu pula beraneka ragam
> > budaya Tionghoa dapat kita bawa dan tempatkan di Lestari Budaya
> > Tionghoa.
> > > > > > Wassalam Bong Felix.
> > > > > > Sent from BlackBerry® on 3
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (146)
Recent Activity:
.: Forum Diskusi Budaya dan Sejarah Tionghua :.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Pertanyaan? Ajukan di http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

MARKETPLACE


.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar